Keunggulan dalam Peningkatan Operasional - Penghargaan Peningkatan Bisnis Tahunan ke-15 dari Immersive Technologies Diberikan kepada 6 Perusahaan Pertambangan.

25 Juni 2024
Penghargaan Peningkatan Bisnis Global logo

Indonesia Icon Bahasa Text Version - Click here for English text

Dengan bangga kami umumkan para pemenang Global Business Improvement Award yang ke-15. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas hasil yang sangat luar biasa yang dicapai oleh perusahaan pertambangan yang menggunakan simulasi sebagai pendorong utama dalam operasi pertambangan dan optimalisasi pengembangan tenaga kerja.

Pemenang kategori dipilih dari pelanggan di 51 negara atas pencapaian mereka dalam terus meningkatkan keselamatan operasional, produktivitas, keandalan mesin, dan keberlanjutan melalui inisiatif berbasis pengembangan tenaga kerja strategis. Proyek-proyek ini menunjukkan keunggulan dalam menyelaraskan sumber daya manusia, proses, dan teknologi untuk mendorong kinerja penambangan di seluruh merek OEM. Pemenang tahun ini melakukan proyek perbaikan berkelanjutan pada armada campuran termasuk Komatsu, Caterpillar®, dan Sandvik.


Lundin Mining Logo

Tambang Caserones beroperasi di tengah kondisi yang menantang, berada di ketinggian lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut di Wilayah Atacama, Chili. Dalam upaya khusus untuk meningkatkan metrik keselamatan, perusahaan berkolaborasi dengan Immersive Technologies dalam proyek pengoperasian truk angkut yang aman.

Pencapaian mereka antara lain:

  • 90% peningkatan profil risiko tenaga kerja (kesalahan operasi)
  • 47% penurunan kejadian yang berkaitan dengan kerusakan mesin

“Bagi kami, keselamatan adalah sebuah nilai, oleh karena itu Manajemen Tambang telah menetapkan tujuan utama untuk mengurangi kejadian kerusakan material. Bersama dengan Immersive Technologies, rencana penutupan kesenjangan dikembangkan bersama dengan evaluasi tahunan, pekerjaan ini terus berlanjut sepanjang tahun dan memungkinkan kami memiliki operator dengan tingkat retensi yang lebih tinggi, operator dengan tingkat risiko yang lebih rendah, oleh karena itu, operator yang lebih aman, dan yang secara alamiah menghasilkan hasil yang sangat baik yang memungkinkan kami untuk mencapai KPI kami.”


Rafael Osorio - Manajer Pelatihan, Caserones

Kaz Minerals Logo

Kaz Minerals, produsen tembaga terkemuka di Kazakhstan dan wilayah CIS, memprioritaskan operasi penambangan terbuka berskala besar dan hemat biaya. Pemeriksaan komprehensif terhadap data simulator dan data VIMS truk angkut Cat® 793F mengungkapkan adanya peluang untuk mengurangi kejadian alat berat. Selanjutnya, perusahaan memulai inisiatif peningkatan berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan keandalan dan ketersediaan alat berat. Proyek ini berfokus pada pengurangan penyalahgunaan alat berat dan menanamkan teknik pengoperasian yang tepat melalui pelatihan simulasi operator untuk armada truk angkut Cat® 793D.

Hasilnya meliputi:

  • Penurunan kecepatan berlebih mesin sebesar 76%
  • Penurunan kejadian penyalahgunaan transmisi secara keseluruhan sebesar 31%
  • Penurunan 45% pada event pemilihan perlengkapan

“Penggunaan simulator untuk melakukan pelatihan praktis bagi operator peralatan pertambangan dalam skenario tertentu merupakan contoh yang luar biasa dari pendekatan inovatif terhadap pelatihan dan pengembangan personel secara profesional. Penggunaan simulator untuk meningkatkan indikator tertentu benar-benar layak mendapatkan pengakuan tidak hanya untuk penggunaan solusi teknologi canggih, tetapi juga untuk menunjukkan dengan jelas hasil nyata dari penggunaannya, yang dikonfirmasi oleh masukan dari rekan-rekan saya.

Simulator memberikan kesempatan langka untuk berlatih dalam kondisi operasi yang sesungguhnya tanpa risiko terhadap peralatan atau personel, yang menjadi faktor kunci dalam memastikan keselamatan dan efisiensi di tempat kerja. Memperkenalkan pelatihan simulator secara langsung memungkinkan operator untuk menguasai keterampilan dan teknik yang diperlukan dengan lebih baik, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan produktivitas secara keseluruhan dan mengurangi risiko operasional.

Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan staf, tetapi juga membawa kesiapan teknis dan keandalan operasional ke tingkat yang lebih tinggi. Proyek ini menunjukkan contoh keberhasilan integrasi teknologi dan pelatihan praktis, dan merupakan panutan bagi industri ini.

Secara keseluruhan, inisiatif ini memiliki semua kualitas untuk menjadi kontribusi yang signifikan bagi perkembangan industri dan contoh penggunaan inovasi teknologi yang efektif dalam proses pelatihan dan pengembangan.”


Zhanibek Ilyassov - Kepala Pelatihan dan Pengembangan, KAZ Minerals Aktogay

Oceana Gold Logo

Tambang Emas Haile, yang dioperasikan oleh OceanaGold (AS) di Kershaw, Carolina Selatan, merupakan tambang emas terbesar di sepanjang Pantai Timur. Selama produksi dan eksplorasi Tambang Emas Haile, OceanaGold (AS) tetap berkomitmen terhadap keselamatan karyawan, lingkungan, dan masyarakat setempat. Proyek CI mereka menggunakan solusi pelatihan operator Immersive Technologies untuk mendukung tidak hanya keselamatan tetapi juga meningkatkan hasil produksi tambang dengan Truk Pengangkut Komatsu 730.

Pencapaian mereka antara lain:

  • Pengurangan kejadian mesin sebesar 65%
  • Peningkatan waktu spot truk angkut sebesar 10%
  • Peningkatan waktu pembuangan truk angkut sebesar 10,8%

Kalimantan Prima Persada Logo

PT. Kalimantan Prima Persada, Perusahaan Jasa Pertambangan Terpadu yang terakreditasi internasional bertujuan untuk memanfaatkan pelatihan sebagai alat untuk mengurangi biaya operasional. Dengan memanfaatkan fitur pelatihan efisiensi bahan bakar pada simulator Immersive Technologies, KPP berfokus untuk meningkatkan kompetensi dan praktik operator truk angkut Komatsu HD785-7 mereka. Dengan menilai tingkat konsumsi bahan bakar peralatan sebelum dan sesudah pelatihan, mereka mengukur efektivitas pelatihan perilaku hemat bahan bakar.

Hasilnya meliputi:

  • Pengurangan konsumsi bahan bakar hingga 11%
  • Penghematan 25% biaya dari pelatihan operator
  • 100% Tanpa kecelakaan

“Sebagai praktisi, akurasi dalam simulasi sangatlah penting. Kami telah menggunakan simulator Immersive Technologies PRO4 dalam proyek-proyek saya dan saya sangat terkesan dengan kemampuannya dalam memodelkan lingkungan pertambangan yang kompleks dengan presisi tinggi. Antarmuka yang intuitif dan fitur visualisasi data yang kuat sangat membantu saya untuk menganalisis hasil. Salah satu aspek yang paling saya hargai adalah ketepatannya dalam mendeteksi operasi yang tidak benar, baik yang berkaitan dengan efektivitas kerja maupun efisiensi dan keselamatan. Dengan PRO4, kami telah berhasil dalam beberapa hal, termasuk:

  • Meningkatkan nilai kompetensi operasi tenaga kerja lokal sebesar 12%
  • Pengurangan konsumsi bahan bakar sebesar 11%
  • Menjalankan pelatihan tanpa ada kecelakaan kerja
  • Menurunkan biaya pelatihan karena siswa pelatihan sudah siap kerja
  • Mengurangi tingkat Co2 yang mencapai 208,65 TCO2e
  • Menerima penghargaan Indonesia Green Sustainable Companies Award pada tahun 2023 dari SWA dan Good Mining Practice dari ESDM

Kami mengucapkan terima kasih atas simulator & tools PRO4 yang memang sangat membantu kami dalam mengembangkan sumber daya manusia untuk menunjang proses di bisnis kami.”


Yohanes Budi Kurniawan - Operator & Direktur SHE, Kalimantan Prima Persada

Northern Star Logo

Northern Star Mining Services (NSMS) adalah kontraktor internal yang berspesialisasi dalam menyediakan layanan pertambangan bawah tanah untuk entitas induk kami, Northern Star Resources Ltd. yang terdaftar di ASX 50.

NSMS memiliki komitmen yang tinggi terhadap keunggulan operasional dan standar pelatihan terbaik. Tujuan utama dari proyek ini bagi NSMS adalah untuk memberikan pelatihan yang konsisten dan berkualitas tinggi di tengah permintaan untuk memasok operator yang mahir ke berbagai operasi.

Hasilnya meliputi:

  • Pengurangan waktu orientasi sebesar 23% untuk operator ramah lingkungan
  • Rata-rata 7 hari (1 minggu) lebih sedikit waktu “tidak produktif” per peserta pelatihan

“Sejak peluncuran aset simulator, NSMS telah mengukur efisiensi dan efektivitas program orientasi kami untuk operator truk ramah lingkungan. Sebelum peluncuran simulator, dibutuhkan waktu sekitar 30 hari dari mulai induksi hingga dinyatakan aman dan kompeten mengemudikan truk. Hal ini telah menurun sejak dimulainya program simulator pada Januari 2023, dan meskipun masih ada beberapa variasi, rata-rata sekarang turun menjadi 23 hari. Tidak ada kompromi dalam hal keselamatan juga - pada kenyataannya - telah terjadi penurunan yang signifikan dalam hal cedera pada operator truk ramah lingkungan sejak dimulainya program ini.”


Adam Gibbs - Manajer Keselamatan/Pelatihan, Norther Star Mining Services

Barrick Logo

Berlokasi di distrik Kahama di wilayah Shinyanga di barat laut Tanzania, Barrick Bulyanhulu telah menerapkan simulator Immersive Technologies bekerja sama dengan mitra pelatihan regional untuk memajukan keterlibatan perempuan di bidang pertambangan. Para peserta dalam program ini tidak memiliki pengalaman operasi pertambangan sebelumnya.

Simulasi digunakan untuk melatih kelompok tersebut dalam pengoperasian truk bawah tanah Sandvik TH545i yang aman dan produktif. Inisiatif pelatihan ini mengikuti pendekatan pembelajaran campuran, yang menggabungkan pelatihan berbasis pengalaman dengan bentuk-bentuk instruksi lain untuk memperkaya keterampilan dan pengetahuan. Program ini tidak hanya mendorong pertumbuhan peluang bagi perempuan, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan masyarakat secara keseluruhan.

Hasilnya meliputi:

  • 100% tingkat kelulusan untuk penilaian mengemudi praktis untuk Sandvik TH545i
  • 100% peserta berhasil menyelesaikan program dan mendapatkan kesempatan kerja

“Pada tahun 2023, sepuluh (10) peserta pelatihan operator truk jungkit dari masyarakat setempat menjalani pelatihan komprehensif untuk bertransisi dari pemula menjadi pengemudi truck jungkit yang terampil. Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong keberagaman gender dan pengembangan masyarakat. Perjalanan pelatihan dimulai di ruang kelas, di mana pengetahuan teoritis diberikan. Selanjutnya, para peserta pelatihan menggunakan simulator mendalam untuk menjembatani teori dengan skenario dunia nyata, diikuti dengan pelatihan langsung di lapangan, yang memberikan pengalaman langsung dalam mengoperasikan truk.”


Everjoy Ngomamiti - Manajer Penambangan, Barrick Bulyanhulu
UNDUH VERSI PDF

###

Tentang Immersive Technologies

Immersive Technologies adalah pemasok Simulator Peralatan Canggih permukaan dan bawah tanah terbesar, teruji, dan terbukti di dunia untuk industri pertambangan global. Perusahaan ini telah mencapai posisi unik tersebut dengan berfokus pada misinya untuk meningkatkan profitabilitas pelanggan dengan mengoptimalkan keselamatan dan produktivitas operator mereka. Simulator Peralatan Canggih dari Immersive Technologies membantu ratusan perusahaan pertambangan di seluruh dunia untuk meningkatkan keselamatan operator peralatan dan profitabilitas lokasi operasi melalui pelatihan simulasi yang efektif.

Dengan modul simulator canggih yang digunakan di 51 negara, Immersive Technologies berkomitmen untuk menyediakan layanan terbaik. Untuk memenuhi komitmen ini, perusahaan memiliki kantor penjualan dan dukungan pelanggan yang berlokasi dekat dengan para pelanggannya di Perth and Brisbane Australia, Salt Lake City and Tucson USA, Fort McMurray, Vancouver Canada, Zacatecas Mexico, Lima Peru, Santiago Chile, Belo Horizonte Brazil, Johannesburg South Africa, Jakarta Indonesia, Kolkata India and Moscow Russia.

Immersive Technologies memiliki pengalaman pertambangan global, teknologi inovatif, rangkaian produk, dukungan industri, komitmen dukungan yang telah terbukti, dan visi industri untuk menjadi mitra Anda dalam memastikan solusi pelatihan simulator Anda memberikan hasil signifikan yang Anda harapkan.

Sign up and receive our latest news and offers.      Subscribe today

Sign up and receive our latest news and offers.

Subscribe today